Apa itu Asuransi Mobil All Risk?

13

Penjelasan Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil terdiri dari dua jenis, asuransi mobil total loss only  (TLO) dan asuransi komprehensif atau yang dikenal juga sebagai asuransi all risk. Asuransi All Risk, atau yang secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai asuransi yang menjamin semua resiko, pada intinya produk asuransi ini akan melindungi mobil yang diasuransikan dari ancaman apapun, mulai dari lecet, penyok, dibakar akibat aksi pihak tidak bertanggung  jawab, dan lainnya.

Pada artikel ini, mari membahas jenis perlindungan apa saja yang bisa dinikmati bila memiliki asuransi mobil berjenis all risk.

Namun tetap harus diingat bahwa tiap perusahaan asuransi akan menawarkan asuransi all risk – nya dengan fitur yang berbeda, misalnya seperti jasa derek dengan rate pertanggungan biaya tertentu dan lainnya.

Jumlah dari tiap perlindungan biasanya berbanding dengan kewajiban jumlah premi yang harus dibayarkan. Jadi pastikan memperoleh manfaat yang diterima dengan biaya yang dikeluarkan, pastikan itu semua sesuai dengan budget dan juga nilai mobil yang akan di asuransikan.

Alasan menggunakan asuransi mobil all risk

Bila mobil yang diasuransikan dijadikan sebagai alat transportasi sehari-hari maka sangat dianjurkan agar asuransi mobil all risk menjadi pilihan utama, mengingat resiko yang selalu ada selama perjalanan, mulai dari terserempet, menjadi korban pengrusakan, atau pencurian.

Contoh Kasus; mobil terserempet oleh angkutan umum, kerusakannya minor, namun cukup membuat mata kurang nyaman untuk memandangnya. Dalam kasus ini, klaim bisa dilakukan apabila asuransi yang dimiliki ialah asuransi komprehensif atau all risk.

Tidak demikian dengan TLO, bila kasus diatas terjadi, maka klaim tidak dapat disetujui perusahaan asuransi, karena perlindungan pada asuransi TLO hanya berlaku apabila kerusakan pada mobil berada di kisaran pada 75% keatas.

Keuntungan lain, menggunakan asuransi all risk ialah Anda akan terlindungi bila, terjadi kerusuhan (riot) atau vandalisme, yang berakibat pada kerusakan mobil, sedangkan asuransi mobil TLO tidak akan memberikan perlindungan demikian.

Melihat rawannya tawuran atau kejadian yang bisa merugikan, sangat dianjurkan agar faktor keuntungan dari asuransi mobil all risk ini dipertimbangkan, agar tidak menderita kerugian yang signifikan di kemudian hari.

Kami harap setelah membaca artikel ini, Anda dapat lebih memahami keuntungan dan jenis perlindungan apa saja yang ada pada asuransi mobil all risk dan perlu diingat bahwa, walau asuransi all risk memiliki banyak kelebihan, bukan berarti asuransi mobil TLO berkualitas lebih rendah, karena seperti yang sudah disampaikan di awal artikel, Anda harus menimbang beberapa faktor sebelum memutuskan untuk memilih jenis asuransi mobil.

Harga Asuran Mobil All Risk

pertanggungan-allrisk

Seluruh Asuransi biasanya menerapkan tarif Batas Bawah, agar kosumen mendapat Premi dengan biaya termurah.

Contoh: misalkan Anda tinggal di Jakarta (Wilayah 2), memiliki mobil Toyota Kijang Innova dengan perkiran harga Rp 250.000.000,-

Harga Mobil: Rp 250.000.000,-

Kategori 3 wilayah 2: 1,71 %

Premi: Rp 250.000.000,- x 1,71% = Rp 4.275.000,-

Jadi besarnya premi yang harus Anda bayarkan adalah Rp 4.275.000,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *